Friday, October 10, 2014

Enjang Kenalkan Rapat Redaksi Kepada Mahasiswa



BANDUNG - Enjang Muhaemin, dosen pengampu mata kuliah Penulisan Berita FDK UIN Sunan Gunung Djati Bandung, memperkenalkan seputar rapat redaksi kepada mahasiswa jurnalistik semester 3 kelas B. Kegiatan ini berlangsung di ruang Z8, Jumat (10/10).

Ia memaparkan, di dalam rapat redaksi terdapat dua bagian rapat, rapat proyeksi dan rapat budgeting. Rapat proyeksi dilakukan sebelum wartawan mencari berita. Sedangkan rapat budgeting dilaksanakan ketika wartawan sudah menyerahkan hasil kegiatan kejurnalistikannya.

Rapat proyeksi membahas seputar topik apa yang akan diangkat oleh suatu media massa. Selain itu, pemilihan angle berita dan narasumber juga didiskusikan pada rapat proyeksi ini. "Rapat proyeksi ini biasanya dihadiri mulai dari pemimpin redaksi sampai redaktur," ujar pria berkumis ini. Setelah rapat proyeksi, biasanya dilaksanakan rapat budgeting.

Saat mendengar rapat budgeting, beberapa mahasiswa menduga rapat ini membahas seputar anggaran. Sebenarnya, rapat ini membahas seputar keakurasian data, kedalaman analisis, dan check and balance dari hasil kegiatan kejurnalistikan wartawan. "Budget kan kalo menurutgue menyangkut keuangan ya, awalnya gue mikir begitu (membahas seputar keuangan -red)," ujar Hani, salah satu mahasiswi yang menghadiri kelas Penulisan Berita ini.

Haekal, salah satu mahasiswa yang menghadiri perkuliahan ini berharap, agar Enjang dapat membawa mahasiswa untuk melihat dan merasakan atmosfer dari rapat redaksi yang terjadi di media massa. "Agar tak sebatas teori, jadi kita tahu praktiknya seperti apa di lapangan," ujar pria berkaca mata ini.

0 comments: